Contoh Influencer Marketing di Instagram

Contoh Influencer Marketing di Instagram

Contoh Influencer Marketing di Instagram

[vc_row][vc_column][vc_column_text]Menggunakan influencer marketing di Instagram sangat disarankan untuk mengenalkan brand yang lebih cepat serta meningkatkan penjualan. Influencer bisa siapa saja, intinya seseorang dengan kompetensi tertentu yang dianggap sebagai publik figur dan mampu mempengaruhi banyak orang. Biasanya mereka memiliki sosial media dengan banyak follower/subscriber.

Dewasa ini, Instagram bukan hanya media sharing foto dan video, namun telah menjadi lahan bisnis yang menggiurkan. Pengguna media sosial ini mencapai ratusan juta orang, yang mana jika dikombinasikan dengan influencer akan menghasilkan kampanye promosi yang sukses. Berikut akan kami jelaskan contoh influencer marketing di Instagram.[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][wgl_double_headings title_color=”#252525″ subtitle_color=”#5ac4b0″ title=”Contoh Influencer Marketing di Instagram”][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]

1. Kode Diskon

Jika Anda sering bermain di Instagram, tentu pernah melihat influencer yang mengunggah foto/video produk beserta dengan kode unik di dalamnya. Ya, contoh influencer marketing ini biasa disebut dengan kode diskon, yang bisa digunakan oleh pelanggan ketika ingin membeli produk yang dipromosikan tersebut. Melalui kode ini, pelanggan bisa mendapatkan potongan harga tertentu.

Cara ini dipercaya ampuh untuk meningkatkan penjualan lebih pesat dengan memberikan keringanan harga kepada pelanggan. Melalui cara ini, pebisnis juga tahu seberapa efektif kinerja influencer yang mereka ajak kerja sama. Ini karena setiap influencer memiliki kode diskon yang berbeda-beda, jadi bisa ditelusuri seberapa kuat pengaruh mereka terhadap target pasar.[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]

2. Kontes dan Giveaway

Contoh strategi pemasaran yang dilakukan influencer di Instagram berikutnya adalah dengan melaksanakan kontes dan giveaway. Cara ini sangat efektif untuk brand awareness, lebih-lebih jika pesohor tersebut memiliki follower dengan jumlah jutaan di Instagram. Sesuai namanya, cara ini mengharuskan follower untuk berkompetisi dengan follower lain untuk mendapatkan produk gratis.

Melalui cara pemasaran ini, pebisnis akan mendapatkan keuntungan sebagai berikut :

  • Brand semakin dikenal masyarakat luas
  • Follower media sosial brand akan meningkat pesat
  • Peluang terjadinya penjualan yang melimpah
  • Menjangkau pelanggan baru yang potensial dan masih banyak lagi.

[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]Biasanya, influencer mengadakan kontes dan giveaway dalam bentuk yang beraneka ragam. Follower selalu menyukai promosi ini karena syarat dan peraturannya yang mudah. Rumusnya, semakin mudah persyaratan, semakin banyak pula follower yang mengikuti acara tersebut. Beberapa syarat yang harus dilakukan oleh follower agar bisa mengikuti giveaway adalah sebagai berikut :

  • Mengomentari post
  • Menandai teman dengan jumlah tertentu
  • Follow sponsor/brand
  • Like post
  • Share post
  • Membuat konten orisinil dan lain sebagainya.

[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]

3. Feed dengan Foto Produk/Jasa

Biasanya influencer juga mengunggah foto dimana dia sedang menggunakan produk/jasa yang dipromosikan. Cara ini sangat ampuh untuk mempengaruhi banyak orang agar ikut menggunakan produk tersebut, karena ada bukti real bahwa idola mereka juga menggunakannya. Unsur keterikatan ini yang membuat banyak orang tidak ragu lagi melakukan transaksi sehingga penjualan meningkat.

Cara ini akan semakin efektif jika Anda telah menyiapkan hal-hal di bawah ini :

  • Konten foto yang berkualitas
  • Foto brand yang jelas
  • Caption menarik yang mengandung unsur Call to Action
  • Disematkan hashtag untuk menjangkau lebih banyak target pasar

[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]

4. Promosi di IG Story

IG Story juga sangat efektif digunakan oleh influencer untuk memasarkan produk dan jasa sehingga tercipta brand yang kuat. IG Story juga dipercaya lebih menjangkau pengguna Instagram lebih banyak dibandingkan dengan feed. Tidak heran, banyak influencer yang menggunakan fitur ini untuk endorse produk dan jasa dengan maksimal.

Berikut beberapa kelebihan menggunakan IG Story sebagai media promosi :

  • Konten langsung to the point, sehingga iklan akan tersampaikan dengan lebih baik ke pemirsa
  • Hashtag dan lokasi di IG Story juga akan ditampilkan di Explore sehingga non follower pun bisa menyaksikannya
  • IG Story memiliki pengguna yang lebih banyak dan lebih aktif, mereka cenderung langsung menanggapi sang idola
  • Durasinya yang pendek membuat pengguna Instagram tidak masalah melihat IG Story hingga habis, sehingga mereka bisa melihat keseluruhan kontennya
  • Tidak merusak keharmonisan feed Instagram influencer
  • Terhubung dengan Facebook, dengan pengguna yang lebih banyak dan universal
  • Terdapat fitur polling untuk mengetahui pendapat pemirsa

[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]Tips Menjalankan Influencer Marketing di Instagram

  • Pilih influencer yang cocok dengan target pasar, misalnya saja Anda ingin menjual produk kebutuhan bayi, maka harus memilih influencer yang juga seorang ibu dan memiliki anak kecil
  • Diskusikan dengan influencer agar kampanye bisa dilakukan dengan efektif, utamanya soal konten promosi
  • Tentukan target dengan jelas, misal jika ingin meningkatkan penjualan sekaligus traffic website maka bisa menggunakan kode diskon yang hanya bisa dilakukan di website
  • Pilih influencer dengan tepat berdasarkan konten, engagement dan jumlah follower-nya
  • Evaluasi hasil kampanye, dengan menghitung pertambahan follower, traffic website, konversi dan seterusnya

[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]Influencer marketing yang digabungkan dengan social media marketing memang menghasilkan efek yang positif untuk bisnis. Maka dari itu, tidak salah jika Anda mulai menggunakan jasa influencer marketing dan social media marketing. Mareka akan menjamin peningkatan bisnis hingga 10x lebih baik melalui influencer terbaik di Instagram, Facebook, Twitter hingga Youtube.[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

Posted in Influencer Marketing
Previous
All posts
Next

Write a comment