5 Manfaat Digital Marketing untuk Bisnis Usaha Kecil

5 Manfaat Digital Marketing untuk Bisnis Usaha Kecil

5 Manfaat Digital Marketing untuk Bisnis Usaha Kecil

[vc_row][vc_column][vc_column_text]

Percepatan pemasaran produk bisa dilakukan melalui internet (online). Kampanye digital marketing tidak selalu mahal, apalagi jika melibatkan metode semacam SEO (Search Engine Optimization). SEO gratis dan memiliki dampak jangka panjang. Metode ini sangat ramah untuk bisnis skala kecil hingga menengah. Anda selalu memiliki kebebasan menggunakan marketing berbayar untuk hasil yang lebih cepat.

Baik SEO maupun marketing berbayar (apapun bentuknya) sama-sama akan membuat perusahaan atau produk yang Anda pasarkan selalu berada di posisi top mesin pencari Google. Manfaat digital marketing untuk UKM ini, tidak hanya sebatas memasarkan dan menjual produk. Ada manfaat lain yang akan Anda dapatkan dengan memanfaatkan metode pemasaran paling mutakhir tersebut.

[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][wgl_double_headings title_color=”#252525″ subtitle_color=”#5ac4b0″ title=”Manfaat Pemasaran Digital untuk Usaha Kecil dan Menengah”][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]Mari hadapi fakta bahwa internet akan dan sudah menjadi ladang bisnis baru untuk siapapun. Tersedianya jaringan nirkabel (wifi) membuat akses masyarakat pada internet jauh lebih mudah. Untuk pengusaha UKM, memanfaatkan internet sebagai media pemasaran digital adalah sebuah kepastian. Ada 5 benefits yang pengusaha UKM akan nikmati jika memanfaatkan pemasaran digital dengan optimal.[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]

1. Biaya Pemasaran yang Lebih Hemat

Biaya dan anggaran kemungkinan menjadi pertimbangan utama kenapa pengusaha UKM sebaiknya memilih menggunakan pemasaran digital. Jika dibandingkan dengan pemasaran konvensional yang menggunakan media cetak, (apalagi) televisi, biaya menggunakan media digital jauh lebih murah. Dalam tahap awal bisnis, pertimbangan biaya ini cukup menyita konsentrasi siapapun.

Pemasaran digital yang melibatkan internet memiliki lebih banyak metode pemasaran. Anda bisa memanfaatkan website, email, forum-forum online, dan tentu saja media sosial. Silakan bandingkan dengan pemasaran konvensional yang cenderung satu arah. Sudah ekonomis, pemasaran melalui internet pun terbukti mampu menjangkau target pasar yang tidak bisa dijangkau melalui pemasaran konvensional.[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]

2. Interaksi Langsung dan Hubungan yang Lebih Baik

Melakukan interaksi langsung melalui pemasaran digital lebih mudah dilakukan ketimbang melalui pemasaran konvensional. Konsumen lebih senang berinteraksi langsung karena bisa melakukan banyak hal dengan efektif, dari mulai mencari informasi produk, mengutarakan keluhan, memberi kritik, dan memberi apresiasi.Interaksi bisa dilakukan melalui beragam cara, dari mulai email hingga chat langsung.

Ada sendiri akan lebih mudah memahami apa yang terjadi pada calon konsumen dan target pasar (respons, pujian, keluhan, dll) karena interaksi langsung tersebut. Hal tersebut membuat Anda mudah merespons, memperbaiki, dan memberikan solusi yang diperlukan konsumen dengan lebih baik dan lebih cepat. Dampak positifnya citra dan relasi Anda dengan konsumen akan menjadi lebih baik.[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]

3. Teknik Promosi Beragam

Ada banyak teknik pemasaran digital yang bisa Anda praktikkan. Anda bisa menggunakan teknik SEO untuk membuat produk Anda berada di daftar teratas hasil pencarian Google. Membuat konten berkualitas tidak hanya menarik konsumen saja tetapi juga mampu membuat citra produk yang lebih langgeng di mata konsumen. Memanfaatkan email, membuka afiliasi, dan masih banyak lagi trik yang bisa dilakukan.

Selain cara gratis yang menitikberatkan pada hasil yang organik, Anda juga bisa memanfaatkan iklan berbayar. Banyak dan beragamnya teknik promosi digital tersebut akan membuka banyak opsi untuk Anda. Strateginya pun bisa lebih bervariasi. Jika satu cara tidak efektif maka switch ke cara lain yang Anda anggap cocok dengan situasi dan kondisi. Promosi yang akan Anda lakukan akan terasa lebih dinamis.[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]

4. Pemasaran Real-Time yang Efektif

Manfaat digital marketing untuk UKM selanjutnya adalah memberikan hasil pengamatan dan pemasaran real-time yang efektif. Peredaran data melalui media digital begitu cepat. Untungnya ada banyak alat analisis yang bisa Anda manfaatkan untuk bisa melihat dan mengumpulkan data tersebut dengan cepat dan akurat. Melakukan pengawasan dan perekaman data menjadi lebih mudah.

Anda bisa melihat beragam statistik berguna, diantaranya jumlah pengunjung, perilaku pengunjung, respons terhadap iklan, dll. Untuk melihat statistik ini tidak dibutuhkan waktu yang lama. Apa yang Anda kerjakan hasilnya bisa langsung terlihat. Dampak positifnya, Anda akan lebih mudah menentukan kebijakan pemasaran berikutnya, melakukan koreksi, membuat penyesuaian, dsb.[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]

5. Target Pasar yang Spesifik dan Luas

Dengan statistik dan alat analisis yang lebih mutakhir, Anda akan lebih mudah menentukan target pasar. Anda bisa menyortir target konsumen berdasarkan letak geografis, perilaku konsumen, karakteristik konsumen, dan kategori-kategori lainnya. Hal ini akan memudahkan Anda membuat strategi pemasaran yang jauh lebih spesifik dan lebih efektif. Target pasar menjadi lebih jelas.

Media pemasaran digital memungkinkan siapapun untuk memanfaatkan semua saluran yang ada dengan cost yang rendah. Keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan dengan pemasaran digital tersebut adalah jangkauan yang lebih luas. Para pengguna smartphone adalah target “empuk” untuk setiap pemasar digital. Tingkat konversi pengguna smartphone cukup tinggi dan menjanjikan.[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]Kelima manfaat digital marketing untuk UKM tersebut akan menjadi penyempurna dari meningkatnya konversi dan penjualan akibat strategi pemasaran digital yang tepat. SEO dan teknik digital marketing lainnya bisa Anda lakukan sendiri tanpa jasa expert. Namun, jika Anda ragu dengan pemasaran yang Anda lakukan sendiri, Anda bisa menggunakan jasa pemasar digital untuk hasil yang lebih sesuai ekspektasi.[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

Posted in Digital Marketing
Previous
All posts
Next

Write a comment