Belajar Analisa Google Analytics Untuk Pemula

Belajar Analisa Google Analytics Untuk Pemula

Belajar Analisa Google Analytics Untuk Pemula

[vc_row][vc_column][vc_column_text]Google Analytics adalah plugin yang wajib dipasang oleh pemilik website untuk mendapatkan informasi cepat, akurat serta real time tentang apa yang terjadi di website. Melalui plugin ini, Anda akan mendapatkan informasi bermanfaat yang bisa digunakan sebagai dasar untuk menyukseskan bisnis yang dikelola.

Sebagai pemilik website, maka belajar Google Analytics terkait pengoperasiannya adalah hal yang mutlak. Jika tidak, maka Anda tidak bisa membaca analisa dan laporan yang dihasilkan oleh Google Analytics. Jangan khawatir, mempelajari laporan Google Analytics tidak sesulit yang dibayangkan, karena semua data disajikan dengan visual yang mudah.[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][wgl_double_headings title_color=”#252525″ subtitle_color=”#5ac4b0″ title=”Belajar Google Analytics Mudah untuk Kesuksesan Bisnis”][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]

1. Istilah Penting yang Harus Diketahui di Google Analytics

Terdapat beberapa istilah penting di Google Analytics yang akan sulit dipahami oleh pemula, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Organizations, folder dimana user bisa menggunakan beberapa layanan Google sekaligus semisal Analytics, Tags Manager, Optimize.
  • Accounts, yang harus dimiliki oleh pemilik website jika ingin bisa mengakses dan memantau metrik yang dihasilkan Google Analytics.
  • Properties, objek yang dipantau oleh Google Analytics semisal device, website dan aplikasi smartphone.
  • Views, data spesifik yang dimiliki oleh properti, semisal view traffic website, traffic subdomain, traffic AdWords dan seterusnya.
  • Session, waktu yang dihabiskan oleh pengunjung dalam sebuah website.
  • Bounce rata, jumlah traffic yang langsung meninggalkan website setelah hanya melihat satu halaman saja.

[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]

1. SEO (Search Engine Optimization)

SEO bisa menjadi core strategi pemasaran digital untuk pebisnis pemula dan UKM. Manfaat utama SEO adalah menarik perhatian orang melalui hasil pencarian mesin pencari. Pengoptimalan keyword akan berperan vital dalam menarik traffic dan jumlah pengunjung yang banyak. Selain meningkatkan traffic dan jumlah pengunjung, strategi ini juga mampu memperkuat citra dari brand bisnis Anda.[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]

2. Menu Realtime

Realtime adalah menu untuk mengakses metrik realtime web, dimana Anda langsung bisa melihat data yang direkam oleh Google Analytics. Anda bisa klik “Realtime” lalu “Overview” untuk melihat data secara sederhana namun meyeluruh, yaitu sebagai berikut:

  • Jumlah traffic yang mengakses website secara real time
  • Perbandingan jumlah pengguna smartphone dan pengguna PC yang mengakses website
  • Pageview per menit
  • Pageview perdetik
  • Top keywords
  • Top locations
  • Top active pages
  • Top referral

Jika ingin data dengan tampilan yang lebih lengkap, maka bisa mengakses tab Locations, Conversions, Content, Events dan Traffic Source yang berada di bawah Overview.[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]

3. Menu Audiens

Menu ini bisa Anda buka untuk mengetahui detail pengunjung yang mengakses website yang Anda kelola. Anda cukup klik “Audiens” lalu “Overview” untuk melacak beberapa hal seperti di bawah ini:

  • Jumlah pengunjung
  • Jumlah sesi
  • Jumlah pageview
  • Jumlah pengunjung baru
  • Jumlah halaman yang diakses dalam satu sesi
  • Jumlah bounce rate
  • Demografi terkait dengan bahasa, negara dan kota
  • OS perangkat yang digunakan

Untuk mengatahui informasi yang lebih spesifik, maka lakukan hal berikut ini:

  • Klik “Audiens” lalu “Demographics” untuk mengetahui jenis kelamin dan usia pengunjung
  • Klik “Audiens” lalu “Interest” untuk melihat topik apa yang paling disukai oleh pengunjung, produk yang diminati dan akan dibeli dan seterusnya

[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]

4. Menu Behavior

Melalui menu ini, Anda bisa melihat interaksi yang dilakukan oleh pengunjung dengan konten yang diunggah di website. Data tersebut dipetakan dengan amat mudah, sehingga pemilik bisa langsung tahu respons pengunjung yang sebenarnya. Ada lima data yang bisa Anda lihat di menu ini, yang semuanya penting demi kesuksesan bisnis Anda.

  • New vs Returning, data yang memetakan jumlah pengunjung setia dan pengunjung baru, bounce rate, jumlah halaman yang dilihat di satu sesi dan durasinya.
  • Frequency & Recency, yang menerangkan seberapa sering pengunjung mengakses website dalam waktu tertenu dan jangka waktu sejak pertama kali pengunjung mengakses website.
  • Engagement, dimana Anda bisa melihat durasi sesi dan banyaknya halaman yang dibuka dalam satu sesi.
  • Quality Session, dimana Google Analytics menilai kualitas sesi dalam skala 1-100, semakin tinggi angkanya, semakin tinggi pula peluang terjadinya transaksi.
  • Conversion Probability, untuk menghitung kemungkinan terjadinya konversi, dari skala 1-100.

[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]

5. Menu Traffic Source

Menu ini untuk mengetahui jalur mana yang digunakan pengunjung hingga sampai ke website Anda. Sumber traffic ada empat, penjelasannya sebagai berikut :

  • Organic, pengunjung yang mengakses website langsung melalui mesin pencarian
  • Direct, melalui URL yang dimasukkan di address bar
  • Referrals, pengunjung mengakses website melalui website dan channel lain
  • Social, pengunjung mengakses website melalui sosial media

[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]

6. Menu Website Speed

Menu ini dapat Anda manfaatkan untuk mengetahui performa website yang dikelola, semakin cepat website, semakin betah pula traffic berlama-lama. Anda cukup klik “Behaviour” lalu “Site Speed”, untuk visual data yang lebih sederhana maka bisa memilih “Overview”. Beberapa data yang bisa dilihat di menu ini adalah sebagai berikut:

  • Rata-rata waktu muat halaman
  • Rata-rata waktu pengalihan
  • Rata-rata waktu sambungan
  • Rata-rata waktu respons server
  • Rata-rata waktu download halaman dan lain sebagainya.

[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]Di atas adalah beberapa data penting yang harus Anda pelajari di Google Analytics, yang bisa dijadikan dasar untuk meningkatkan website dan bisnis. Namun sebelum itu, pastikan Anda sudah memiliki website bisnis yang berkualitas, yang sudah dioptimasi, mobile friendly dan desain menarik. Semua itu hanya bisa Anda dapatkan di jasa pembuatan website terbaik dan profesional.[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

Posted in Website Analytics
Previous
All posts
Next

Write a comment