[email protected]
+62-821-1337-8540
GRATIS Iklan Google
  • Home
  • Layanan
    • Search Engine Optimization
    • Digital Advertising
    • Influencer Marketing
    • Website & Mobile Apps Development
    • Website Analytics
    • Social Media Marketing
  • Case Study
  • Artikel
  • Tentang
  • Kontak
  • Home
  • Layanan
    • Search Engine Optimization
    • Digital Advertising
    • Influencer Marketing
    • Website & Mobile Apps Development
    • Website Analytics
    • Social Media Marketing
  • Case Study
  • Artikel
  • Tentang
  • Kontak
  • Home
  • Layanan
    • Search Engine Optimization
    • Digital Advertising
    • Influencer Marketing
    • Website & Mobile Apps Development
    • Website Analytics
    • Social Media Marketing
  • Case Study
  • Artikel
  • Tentang
  • Kontak
  • Home
  • Layanan
    • Search Engine Optimization
    • Digital Advertising
    • Influencer Marketing
    • Website & Mobile Apps Development
    • Website Analytics
    • Social Media Marketing
  • Case Study
  • Artikel
  • Tentang
  • Kontak
Search Engine Optimization

8 Strategi SEO yang Benar dan Efektif Tingkatkan Traffic

July 10, 2020 0 Comments

Anda tidak mungkin menerapkan semua strategi SEO. Selalu ada batasan yang membuat Anda harus membuat skala prioritas mengenai strategi mana yang dianggap efektif meningkatkan trafiic. Kenapa traffic harus tinggi dan apa manfaatnya? Traffic yang tinggi equal jumlah pengunjung yang banyak. Banyaknya jumlah pengunjung akan meningkatkan tingkat konversi, dari pengunjung ke pembeli.

Traffic yang tinggi juga akan meningkatkan penilaian terhadap blog atau website yang Anda kembangkan. Jika sudah begitu, semakin mudah lah Anda mendapapatkan endorsement dan slot iklan AdWords/AdSense. Untuk meningkatkan traffic tersebut, Anda perlu memilih dan menerapkan strategi SEO yang benar dan menghindari beragam kesalahan yang akan membuat website tidak berkembang.

Strategi SEO Terbaik untuk Meningkatkan Traffic

8 strategi SEO ini wajib Anda terapkan untuk mendapatkan traffic dan jumlah pengunjung yang tinggi.

1. Riset Kata Kunci dengan Baik

Terdengar sepele dan umum, melakukan riset kata kunci yang baik ternyata berpengaruh pada efektivitas keyword. Ketika melakukan riset, pastikan Anda perhatikan 5 hal penting. Ke-5 hal penting tersebut adalah tingkat kesulitan, search volume, SERP, search intent, dan saran keyword. Kata kunci dari riset yang benar akan membuat konten Anda dapat dengan mudah bertengger di halaman pertama mesin pencari.

2. Percepat Loading Website

Waktu loading website yang lama sangat berpengaruh pada user experience. Dampak terburuknya adalah konten berkualitas yang Anda buat dalam waktu yang lama sama sekali belum sempat diakses pengunjung. Baru masuk ke website saja sudah malas, apalagi melakukan eksplorasi isinya. Sekalipun masuk dan berhasil, website dengan kecepatan loading yang buruk akan memberikan kesan yang buruk juga.

3. Optimalkan Gambar

Gambar memberikan rangsangan visual dan membuat blog Anda hidup. Gambar dalam bentuk ilustrasi juga berperan membuat konten teks yang Anda buat tidak membosankan. Namun, terlalu banyak menggunakan gambar bisa memperlambat waktu loading website. Selain mengoptimalkan jumlah gambar, Anda juga bisa mengkompres ukuran gambar akan tidak menyita waktu loading terlalu lama.

4. Konten Menarik dan Tahan Lama

Anda tentu tidak perlu diajari cara membuat konten yang berkualitas. Anda pasti sudah memiliki segudang amunisi untuk membuat konten yang Anda yakin sangat berkualitas. Namun, konten yang berkualitas saja belum cukup. Mari bicara sesuatu yang spesifik. Ada 2 tipe konten yang terbukti menarik perhatian banyak orang dan mampu membuat pembaca betah berlama-lama di website Anda.

Tipe konten ke-1 adalah konten dengan tampilan visual yang menarik. Infografis, gambar ilustrasi menarik, dan video bisa Anda sisipkan untuk membuat konten artikel lebih hidup. Tipe konten ke-2 adalah konten awet, umum, dan memiliki dampak jangka panjang. Konten seperti ini disebut evergreen konten dengan manfaat yang tidak lekang oleh waktu. Jika sampai tidak relevan, Anda bisa update konten tersebut.

5. Memasang Google Analytics dan Google Search Console

Strategi SEO yang benar selanjutnya adalah memasang Google Analytics dan Google Search Console. Kedua alat tersebut akan berperan vital dalam mengembangkan kampanye SEO yang Anda lakukan. Google Search Console memiliki kemampaun untuk memeriksa performa konten pada hasil pencarian. Melalui alat ini Anda bisa memonitor sejauh mana konten website berpengaruh di mesin pencari.

Hasil dari pengawasan tersebut akan memengaruhi strategi Anda kemudian. Google Analytics memiliki kemampuan untuk merekam perilaku pengunjung. Melalui alat tersebut, Anda bisa mengetahui berapa lama pengunjung berdiam di website, konten mana yang paling banyak diklik, dan statistik perilaku lain yang akan sangat berharga dalam formulasi kampanye SEO ke depannya.

6. Jangan Abaikan Media Sosial

Sambungkan website dan konten yang Anda buat dengan beragam platform media sosial. Memanfaatkan dan mengoptimalkan media sosial adalah sebuah kewajiban yang tidak hanya akan membuat konten Anda semakin populer tetapi juga akan membuat banyak orang menjadi loyal pada Anda. Luangkan waktu untuk bisa membuat konten Anda tidak hanya mudah ditemukan di mesin pencari, tetapi juga di media sosial.

7. Optimalkan Link

Terkait link, ada 2 hal penting yang perlu Anda ketahui. Pertama, membangun internal link. Kedua, membangun eksternal link. Internal link adalah link yang menyambungkan ke konten dalam satu website. Eksternal link adalah link yang menyambungkan konten ke luar website. Memanfaatkan link akan meningkatkan otoritas website dan membuat Google memandang website sebagai website yang kredibel.

8. Gunakan Plugin yang Tepat

Yoast, Google XML Sitemaps, WooCommerce, HubSpot, W3 Total Cache adalah beberapa plugin berkualitas yang bisa Anda pasang di website. Selain plugin-plugin tersebut masih banyak lagi yang bisa dimanfaatkan. Lakukan riset mendalam mengenai plugin terbaik mana saja yang bisa dimanfaatkan. Selektif dan jangan terlalu banyak memasang plugin agar Anda tidak kesulitan mengelolanya.

Anda bisa menerapkan ke-8 strategi SEO yang benar tersebut dalam berbagai kondisi. Strategi-strategi tersebut bersifat umum dan bisa diterapkan bagi Anda yang baru memulai kampanye SEO atau yang sedang melakukannya. Berkonsultasi pada ahli pemasaran digital dan SEO profesional bisa membuka banyak ide dan membangun kepercayaan untuk terus berkreasi dengan beragam strategi SEO yang ada.

AboutDony Raditya
Menggeluti SEO sejak tahun 2014 dan sekarang full-time SEO Specialist di OPTIFY untuk membantu brand, sukses lewat SEO.
In Socials:
8 Manfaat SEO untuk Bisnis UKM yang Harus Anda KetahuiPrev8 Manfaat SEO untuk Bisnis UKM yang Harus Anda KetahuiJuly 10, 2020
8 Contoh SEO Audit untuk Usaha Kecil dan Bisnis PemulaJuly 10, 20208 Contoh SEO Audit untuk Usaha Kecil dan Bisnis PemulaNext

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terbaru
  • Cara Pasang Google Analytics untuk Website
    Cara Pasang Google Analytics untuk Website
    July 20, 2020
  • Cara Daftar Google Analytics
    Cara Daftar Google Analytics
    July 20, 2020
  • Belajar Analisa Google Analytics Untuk Pemula
    Belajar Analisa Google Analytics Untuk Pemula
    July 20, 2020
  • Jasa Mobile Application di Jakarta
    Jasa Mobile Application di Jakarta
    July 16, 2020
  • Jasa Pembuatan Aplikasi Mobile untuk UKM
    Jasa Pembuatan Aplikasi Mobile untuk UKM
    July 16, 2020
  • Cara Membuat Website untuk Pemula
    Cara Membuat Website untuk Pemula
    July 16, 2020
  • Contoh Influencer Marketing di Instagram
    Contoh Influencer Marketing di Instagram
    July 14, 2020
  • Strategi Influencer Marketing Untuk UKM
    Strategi Influencer Marketing Untuk UKM
    July 14, 2020
  • Definisi, Jenis, dan Kelebihan Influencer Marketing
    Definisi, Jenis, dan Kelebihan Influencer Marketing
    July 14, 2020
  • Cara Pasang Iklan di Google Ads (AdWords) untuk Pebisnis Pemula
    Cara Pasang Iklan di Google Ads (AdWords) untuk Pebisnis Pemula
    July 14, 2020
Kategori
  • Digital Advertising
  • Digital Marketing
  • Influencer Marketing
  • Search Engine Optimization
  • Website Analytics
  • Website Development