[email protected]
+62-821-1337-8540
GRATIS Iklan Google
  • Home
  • Layanan
    • Search Engine Optimization
    • Digital Advertising
    • Influencer Marketing
    • Website & Mobile Apps Development
    • Website Analytics
    • Social Media Marketing
  • Case Study
  • Artikel
  • Tentang
  • Kontak
  • Home
  • Layanan
    • Search Engine Optimization
    • Digital Advertising
    • Influencer Marketing
    • Website & Mobile Apps Development
    • Website Analytics
    • Social Media Marketing
  • Case Study
  • Artikel
  • Tentang
  • Kontak
  • Home
  • Layanan
    • Search Engine Optimization
    • Digital Advertising
    • Influencer Marketing
    • Website & Mobile Apps Development
    • Website Analytics
    • Social Media Marketing
  • Case Study
  • Artikel
  • Tentang
  • Kontak
  • Home
  • Layanan
    • Search Engine Optimization
    • Digital Advertising
    • Influencer Marketing
    • Website & Mobile Apps Development
    • Website Analytics
    • Social Media Marketing
  • Case Study
  • Artikel
  • Tentang
  • Kontak
Search Engine Optimization

8 Contoh SEO Audit untuk Usaha Kecil dan Bisnis Pemula

July 10, 2020 0 Comments

Sudah melakukan kampanye SEO dan mencoba beragam metode tetapi hasilnya mengecewakan. Pengalaman tersebut adalah hal yang lumrah. Jika Anda mengalaminya, mungkin ada yang salah dengan kampanye SEO yang dilakukan. Hal tersebut juga berlaku jika Anda terjebak di urutan medioker mesin pencari Google dan sama sekali tidak bisa melesat ke urutan teratas mesin pencari.

Untuk mengatasi masalah tersebut, pemeriksaan atau audit SEO perlu Anda lakukan. Audit SEO bisa dilakukan jika Anda persis mengetahui apa yang salah. Audit juga bisa dilakukan secara rutin dengan tujuan deteksi dini dan pembaharuan. Jika Anda tidak tahu apa saja yang perlu diaudit, jangan khawatir. Artikel ini membahas contoh SEO audit untuk usaha kecil yang perlu Anda lakukan.

Daftar Audit SEO yang Wajib Anda Lakukan

Ada 8 hal yang wajib Anda audit agar kampanye SEO Anda memberikan hasil yang diinginkan.

1. Memastikan Keamanan Website

Terlalu fokus pada konten dan performa bisa membuat Anda lupa pada keamanan website. Sebaik apapun kontennya, semua akan sia-sia jika website Anda berhasil dihack dan data berhasil dicuri. Google saat ini lebih memprioritaskan website dengan enkripsi HTTPS. Jika website Anda belum menggunakan HTTPS, segera gunakan untuk mengamankan sekaligus meningkatkan kredibilitas website di mata Google.

2. Pastikan Website Terindeks Google

Karena satu dan lain hal halaman website Anda bisa terblok dan tidak terindeks oleh Google. Akibatnya progress SEO Anda tersendat dan sulit berkembang. Untuk mengatasi masalah ini periksa status indeks melalui Google Search Console, periksa masalah pada URL, dan periksa juga file robot.txt. Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan adalah pencarian google untuk alamat website Anda.

3. Periksa Kecepatan Website

Google dan pengunjung website Anda lebih menyukai website dengan waktu loading yang singkat. Website yang lambat cenderung ditinggalkan meskipun memiliki konten yang berkualitas. Optimalkan kecepatan untuk membuat Google dan pengunjung terkesan. Untuk melakukannya, Anda bisa menggunakan alat pengecek kecepatan, percepat Javascript, dan gunakan plugin yang mempercepat website.

4. Periksa Jaringan Link

Jaringan link yang baik, baik eksternal maupun internal akan memberikan dampak yang positif untuk. Backlink yang dibangun dengan baik kadangkala memiliki keterbatasan waktu dan kondisi. Bukan tidak mungkin website yang terhubungan dengan website Anda sudah mati atau tidak lagi memiliki kredibilitas. Periksa jaringan link, lakukan update, dan buka peluang untuk membangun jaringan yang lebih fresh.

Link yang rusak atau broken link akan memberikan dampak yang buruk. Hidupkan kembali atau bangun kembali yang baru. Struktur link yang baik dan terhubung dengan rapi akan memberikan dampak positif pada ranking mesin pencari. Sangat dilanjutkan untuk menggunakan anchor text yang deskriptif. Buatlah link yang mengandung kata kunci yang sama dengan konten di dalamnya (link).

5. Buang Halaman Tidak Berkualitas

Contoh SEO audit untuk usaha kecil kelima adalah buang halaman dengan konten yang tidak berkualitas. Efektivitas itu sangat diperlukan. Google mengindeks semua aspek termasuk halaman dengan nilai yang rendah. Halaman ini akan merusak halaman dengan konten yang kaya bernilai tinggi. Hati-hati dan periksa setiap halaman yang seperti portal atau berisi konten duplikat.

6. Periksa Meta Data

Pengindeksan yang dilakukan Google tidak jarang terblok gara-gara non-indeks meta tag masuk. Untuk memeriksa hal ini terjadi pada Anda, periksa source code. Pastikan tidak ada kode robot dan noindex. Anda juga bisa menggunakan alat pengujian meta data semacam Screaming Frog. Alat tersebut bisa melakukan pemindaian dan pengujian status meta data website Anda.

7. Amati dan Analisis Kompetitor Anda

Contoh SEO audit untuk usaha kecil selanjutnya adalah amati dan analisis kompetitor Anda. Dengan melakukan hal ini siapa tahu Anda bisa mengambil inspirasi dari kesuksesan mereka dan menghindari kegagalan mereka. Temukan kata kunci terbaik kompetitor lihat struktur konten kompetitor, dan perhatikan link dari konten tersebut. Dari sini, Anda bisa mengambil inspirasi apa yang harus dilakukan kemudian.

8. Optimalkan untuk Perangkat Mobile

Bukan rahasia lagi jika Google lebih memprioritaskan website yang sudah dioptimalkan untuk perangkat mobile. Hal ini mengindikasikan, sebuah website yang sudah dioptimalkan untuk perangkat mobile akan lebih mudah berada di urutan teratas mesin pencari. Jika Anda belum mengoptimalkan website untuk perangkat mobile, maka lakukan sesegera mungkin. Dampak pengoptimalan ini cukup drastis.

Semakin banyak orang menggunakan smartphone. Hal tersebut sejalan dengan kecenderungan orang memilih browsing dan melakukan hal lain melalui perangkat mobile. Untuk membuat website tampil optimal di perangkat mobile, Anda harus memilih desain yang responsif (terutama terkait ukuran layar). Jangan lupa lakukan pengujian dengan Google Search Console dan Google Mobile Test Tool.

Audit menyeluruh bisa Anda lakukan dengan menggunakan jasa audit SEO profesional. Dengan menggunakan jasa tersebut, semua error akan terdeteksi dengan mudah dan cepat. Evaluasi dan koreksi akan lebih mudah dilakukan. Jika tidak, maka lakukan saja audit terhadap 10 hal yang telah dijelaskan untuk membuat website selalu tampil maksimal dan kampanye SEO Anda selalu on the track.

AboutDony Raditya
Menggeluti SEO sejak tahun 2014 dan sekarang full-time SEO Specialist di OPTIFY untuk membantu brand, sukses lewat SEO.
In Socials:
8 Strategi SEO yang Benar dan Efektif Tingkatkan TrafficPrev8 Strategi SEO yang Benar dan Efektif Tingkatkan TrafficJuly 10, 2020
Panduan Cara Membuat Iklan PPC untuk UKMJuly 10, 2020Panduan Cara Membuat Iklan PPC untuk UKMNext

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terbaru
  • Cara Pasang Google Analytics untuk Website
    Cara Pasang Google Analytics untuk Website
    July 20, 2020
  • Cara Daftar Google Analytics
    Cara Daftar Google Analytics
    July 20, 2020
  • Belajar Analisa Google Analytics Untuk Pemula
    Belajar Analisa Google Analytics Untuk Pemula
    July 20, 2020
  • Jasa Mobile Application di Jakarta
    Jasa Mobile Application di Jakarta
    July 16, 2020
  • Jasa Pembuatan Aplikasi Mobile untuk UKM
    Jasa Pembuatan Aplikasi Mobile untuk UKM
    July 16, 2020
  • Cara Membuat Website untuk Pemula
    Cara Membuat Website untuk Pemula
    July 16, 2020
  • Contoh Influencer Marketing di Instagram
    Contoh Influencer Marketing di Instagram
    July 14, 2020
  • Strategi Influencer Marketing Untuk UKM
    Strategi Influencer Marketing Untuk UKM
    July 14, 2020
  • Definisi, Jenis, dan Kelebihan Influencer Marketing
    Definisi, Jenis, dan Kelebihan Influencer Marketing
    July 14, 2020
  • Cara Pasang Iklan di Google Ads (AdWords) untuk Pebisnis Pemula
    Cara Pasang Iklan di Google Ads (AdWords) untuk Pebisnis Pemula
    July 14, 2020
Kategori
  • Digital Advertising
  • Digital Marketing
  • Influencer Marketing
  • Search Engine Optimization
  • Website Analytics
  • Website Development