[email protected]
+62-821-1337-8540
GRATIS Iklan Google
optify intermedia pratama logo
  • Home
  • Layanan
    • Search Engine Optimization
    • Digital Advertising
    • Influencer Marketing
    • Website & Mobile Apps Development
    • Website Analytics
    • Social Media Marketing
  • Case Study
  • Artikel
  • Tentang
  • Kontak
optify intermedia pratama logo
  • Home
  • Layanan
    • Search Engine Optimization
    • Digital Advertising
    • Influencer Marketing
    • Website & Mobile Apps Development
    • Website Analytics
    • Social Media Marketing
  • Case Study
  • Artikel
  • Tentang
  • Kontak
  • Home
  • Layanan
    • Search Engine Optimization
    • Digital Advertising
    • Influencer Marketing
    • Website & Mobile Apps Development
    • Website Analytics
    • Social Media Marketing
  • Case Study
  • Artikel
  • Tentang
  • Kontak
optify intermedia pratama logo
  • Home
  • Layanan
    • Search Engine Optimization
    • Digital Advertising
    • Influencer Marketing
    • Website & Mobile Apps Development
    • Website Analytics
    • Social Media Marketing
  • Case Study
  • Artikel
  • Tentang
  • Kontak
Blog
Home Digital Marketing Cara Meningkatkan Penjualan Dengan Digital Marketing
Digital Marketing

Cara Meningkatkan Penjualan Dengan Digital Marketing

April 15, 2023 0 Comments

Digital marketing telah menjadi salah satu bagian terpenting dalam strategi bisnis, terlebih bagi bisnis online. Di era digital ini semakin banyak menghabiskan waktu dengan aktivitas online, terlebih pada saat masa masa pandemi, hal itu sangat cocok dijadikan untuk strategi penjualan berbagai produk.

Apa itu digital marketing 

Digital marketing merupakan upaya pemasaran produk atau jasa menggunakan media digital, seperti website, media sosial, email, atau platform online lainnya. Dengan tujuan untuk meningkatkan brand awareness, memperluas jangkauan pasar, dan meningkatkan penjualan. Metode digital marketing meliputi iklan online, optimasi mesin pencari (SEO), pemasaran email, pemasaran media sosial, dan pemasaran konten. 

Berikut Cara Untuk Meningkatkan Penjualan 

1. Menyediakan produk atau layanan yang berkualitas

Produk atau layanan yang berkualitas akan meningkatkan loyalitas pelanggan dan akan berkesempatan produk kita ditawarkan pada orang lain, oleh karena itu penting sekali meyediakan layanan yang berkualitas karena dapat membuat pelanggan merasa puas dan cenderung akan membeli kembali.

2. Menentukan target pasar

Memahami target pasar dengan baik akan membantu bisnis untuk menawarkan produk atau layanan yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan. Hal tersebut dapat menjadikan peluang penjualan akan semakin besar. 

Sebagai contoh pada pada bisnis, cafe yang instagramable yang perlu dibutuhkan pada strategi ini agar target pasarnya sesuai yaitu salahsatunya menciptakan konsep yang menarik seperti membuat interior cafe yang aesthetic, dan konsep ini biasanya cocok bagi para mahasiswa yang ke cafe untuk ngumpul sama teman temanya sambil mengerjakan tugas.

3. Membuat strategi pemasaran 

Pemasaran yang efektif akan membantu bisnis untuk menjangkau pelanggan potensial dengan lebih mudah. Salah satu cara pemasaran yang efektif adalah dengan menggunakan digital marketing.

4. Memberikan diskon atau promo khusus 

Memberikan diskon atau promo khusus pada produk atau layanan tertentu dapat meningkatkan minat pelanggan untuk membeli. Hal ini juga dapat membantu bisnis untuk memperluas pangsa pasar dan menarik pelanggan baru. 

5. Meningkatkan kualitas layanan pelanggan 

Pelayanan yang baik akan membuat pelanggan merasa dihargai dan cenderung akan kembali membeli di masa depan. Oleh karena itu, bisnis perlu meningkatkan kualitas layanan pelanggan dan selalu siap untuk membantu pelanggan dengan masalah yang mereka hadapi.

Baca juga : Strategi digital marketing dari para ahli yang perlu kamu ketahui

Berikut hal yang harus dihindari dalam digital marketing

1. Over promosi 

Terlalu banyak melakukan promosi dapat membuat pelanggan merasa terganggu atau bahkan meninggalkan bisnis. Oleh sebab itu, perlu untuk mengatur frekuensi dan jenis promosi yang dilakukan agar sesuai dengan kebutuhan pelanggan. 

2. Mengabaikan kualitas konten 

Konten yang berkualitas dapat membantu meningkatkan daya tarik kampanye digital marketing. Jangan hanya fokus pada aspek promosi saja, tetapi pastikan juga konten yang disajikan berkualitas dan memberikan manfaat bagi pelanggan. 

3. Menargetkan audiens yang tidak tepat 

Menargetkan audiens yang salah akan menghabiskan biaya iklan dan tidak memberikan hasil yang diharapkan. 

4. Tidak memperhatikan analitik 

Menganalisis kinerja kampanye digital marketing sangat penting untuk mengetahui apakah kampanye tersebut berhasil atau tidak. Oleh karena itu, tidak memperhatikan analitik dapat membuat bisnis kehilangan kesempatan untuk memperbaiki kampanye dan meningkatkan kinerja di masa depan. 

5. Mengabaikan respons pelanggan 

Pelanggan sering kali memberikan respons atau tanggapan terhadap kampanye digital marketing yang dilakukan. Mengabaikan respons pelanggan dapat membuat pelanggan merasa diabaikan dan bahkan memutuskan untuk tidak lagi membeli produk atau layanan yang ditawarkan. 

Dalam digital marketing perlu untuk selalu memperhatikan kebutuhan pelanggan dan menghindari hal-hal yang dapat merugikan bisnis.

Selanjutnya kamu bisa mengaplikasikanhal hal yang yang terkait dengan digital marketing dalam bisnis kamu, dengan mengikuti prinsip prinsip etika digital marketing yang baik, bisnis dapat meningkatkan kinerja pemasaran dan meraih kesuksesan di pasar digital.

Baca juga : Manfaat digital marketing buat meningkatkan penjualan

Baca juga : Jasa digital marketing terbaik dan profesional di Indonesia

AboutCahyadi Ayepan Saefiilah
Saya seorang digital marketer yang bekerja di salah satu digital agensi terbaik di Jakarta. Saat ini saya menjabat sebagai Digital Marketing Executive di OPTIFY Indonesia.
In Socials:
Pentingnya Analisa Performa Website Dalam Meningkatkan Penjualan ProdukPrevPentingnya Analisa Performa Website Dalam Meningkatkan Penjualan ProdukApril 10, 2023
Trik SEO Marketing : Meningkatkan Penjualan 10 X Lebih PesatApril 18, 2023Trik SEO Marketing : Meningkatkan Penjualan 10 X Lebih PesatNext
Artikel Terbaru
  • Perbedaan Ads Manager dan Business Manager | Simak dulu Sebelum Beriklan
    Perbedaan Ads Manager dan Business Manager | Simak dulu Sebelum Beriklan
    September 25, 2023
  • Cara Membuat Laporan SEO Website yang Benar Untuk Klien
    Cara Membuat Laporan SEO Website yang Benar Untuk Klien
    September 22, 2023
  • Cara Mengetahui Kompetitor Website dengan SEMrush
    Cara Mengetahui Kompetitor Website dengan SEMrush
    September 18, 2023
  • Perbedaan Antara Session dan Engaged Session di Google Analytics 4
    Perbedaan Antara Session dan Engaged Session di Google Analytics 4
    September 15, 2023
  • Cara Mengatasi Discovered – Currently Not Indexed (Ditemukan – Saat Ini Tidak Terindeks)
    Cara Mengatasi Discovered – Currently Not Indexed (Ditemukan – Saat Ini Tidak Terindeks)
    September 11, 2023
  • Cara Memaksimalkan Penjualan Melalui Iklan di YouTube
    Cara Memaksimalkan Penjualan Melalui Iklan di YouTube
    September 8, 2023
  • Cara Memaksimalkan Penjualan di Google My Business (Google Maps)
    Cara Memaksimalkan Penjualan di Google My Business (Google Maps)
    September 4, 2023
  • Mendapatkan Pelanggan dengan Iklan Online di Google Ads
    Mendapatkan Pelanggan dengan Iklan Online di Google Ads
    September 1, 2023
  • Mengenal Apa itu Laravel? Fitur dan Kelebihannya
    Mengenal Apa itu Laravel? Fitur dan Kelebihannya
    August 28, 2023
  • Mengenal CC dan BCC dalam Email, Perbedaan & Penggunaanya
    Mengenal CC dan BCC dalam Email, Perbedaan & Penggunaanya
    August 22, 2023
Kategori
  • Digital Advertising
  • Digital Marketing
  • Influencer Marketing
  • Search Engine Optimization
  • Website Analytics
  • Website Development