[email protected]
+62-821-1337-8540
GRATIS Iklan Google
  • Home
  • Layanan
    • Search Engine Optimization
    • Digital Advertising
    • Influencer Marketing
    • Website & Mobile Apps Development
    • Website Analytics
    • Social Media Marketing
  • Case Study
  • Artikel
  • Tentang
  • Kontak
  • Home
  • Layanan
    • Search Engine Optimization
    • Digital Advertising
    • Influencer Marketing
    • Website & Mobile Apps Development
    • Website Analytics
    • Social Media Marketing
  • Case Study
  • Artikel
  • Tentang
  • Kontak
  • Home
  • Layanan
    • Search Engine Optimization
    • Digital Advertising
    • Influencer Marketing
    • Website & Mobile Apps Development
    • Website Analytics
    • Social Media Marketing
  • Case Study
  • Artikel
  • Tentang
  • Kontak
  • Home
  • Layanan
    • Search Engine Optimization
    • Digital Advertising
    • Influencer Marketing
    • Website & Mobile Apps Development
    • Website Analytics
    • Social Media Marketing
  • Case Study
  • Artikel
  • Tentang
  • Kontak
Digital Advertising

Cara Pasang Iklan di Instagram untuk Pebisnis Pemula

July 10, 2020 0 Comments

Jumlah pengguna Instagram di Indonesia sangat besar, bahkan salah satu yang terbesar di Asia. Fakta tersebut harus Anda manfaatkan dengan memanfaatkan iklan di Instagram. Kemungkinan besar orang membeli produk dari Instagram pun cukup besar. Memasang iklan di Instagram menjadi keputusan bisnis yang tepat termasuk untuk para pebisnis pemula dan UKM.

Cara pasang iklan di Instagram tidak sulit. Anda akan memasangnya melalui Facebook Ads Manager. Anda mungkin bertanya-tanya, kenapa Facebook bukan Instagram. Facebook terlah mengakuisisi Instagram pada 2012 lalu. Semua proses periklanan harus melalui Facebook. Jika Anda sudah pernah membuat iklan untuk Facebook, maka prosesnya menjadi lebih mudah dan lebih cepat.

Panduan Memasang Iklan di Instagram

Berikut adalah panduan cara pasang iklan di Instagram gratis untuk Anda para pebisnis pemula.

1. Akses Facebook Ads Manager

Akses website Facebook Ads Manager, kemudian login dengan akun FB Anda (buat jika belum punya).

2. Pilih Iklan Terpadu

Selanjutnya, Anda akan memilih Pembuatan Iklan Terpadu.

  • Akses menu Kampanye.
  • Klik Buat Iklan.
  • Ada 2 opsi yang bisa Anda pilih.
  • Opsi ke-1 adalah Pembuatan Iklan Terpadu.
  • Opsi ke-2 adalah Pembuatan Iklan Cepat.
  • Pilihan yang direkomendasikan adalah Pembuatan Iklan Terpadu.
  • Alasannya, karena opsi tersebut lebih spesifik.

3. Pilih Tujuan Iklan

Terdapat 3 tujuan iklan yang harus Anda pilih.

a. Kesadaran

Kesadaran bertujuan membuat orang-orang lebih sadar terhadap produk yang Anda tawarkan.

b. Pertimbangan

Ada 6 hasil akhir yang bisa dicapai jika Anda memilih tujuan ini.

  • Meningkatkan jumlah pengunjung ke website Anda.
  • Merangsang interaksi pengunjung, dari mulai berkomentar hingga mengklik tombol like.
  • Diharapkan orang menginstal aplikasi yang Anda tawarkan.
  • Membuat orang memainkan video atau konten lainnya.
  • Mengumpulkan data-data berharga yang nantinya bisa digunakan untuk promosi.
  • Mengajak target untuk lebih mempopulerkan produk melalui beragam media komunikasi.

c. Konversi

Hasil akhir utama dari tujuan ini adalah mengkonversi pengunjung menjadi pembeli (offline/online)

4. Pilih Jenis Iklan

Terdapat 2 jenis iklan yang harus Anda pilih.

  • Uji Split

Anda akan membuat 2 iklan dengan konten yang hampir sama. Tujuannya adalah membuat target melihat dua iklan tersebut. Ujung-ujungnya memang sama, namun setiap orang memiliki selera yang berbeda. Uji Split membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan waktu pengerjaan yang tidak sebentar.

  • Pengoptimalan Anggaran

Jenis iklan ini lebih fleksibel dan mengikuti anggaran yang Anda miliki. Jenis iklan ini lebih ramah dikantong para pebisnis pemula dan UKM. Jadi, pilih saja opsi ini agar Anda tidak kesulitan kemudian.

5. Tentukan Nama Iklan dan Lalu Lintas Kunjungan

Silakan beri nama iklan dan pilih lalu lintas kunjungan. Untuk yang terakhir, Anda bisa memilih traffic akan diarahkan ke mana, apakah Messenger, WhatsApp, atau pilihan lain.

6. Tampilkan Promo

Anda memiliki opsi untuk menampilkan promo atau tidak. Sebaiknya Anda memiliki menampilkan promo.

7. Tentukan Target Audiens

Anda bisa menentukan target audiens berdasarkan ke-7 faktor berikut ini.

  • Khusus

Target adalah orang-orang yang pernah berhubungan dengan Anda, offline maupun online. Jadi, orang-orang ini pernah berhubungan di Facebook, website, Twitter, dan termasuk kontak di ponsel Anda.

  • Lokasi

Target ada pada area atau lokasi (kode pos, provinsi, alamat, negara, dll) yang Anda pilih.

  • Jenis Kelamin

Target adalah laki-laki, perempuan, atau keduanya.

  • Bahasa

Target adalah orang yang menggunakan bahasa tertentu. Kosongkan untuk opsi bahasa yang umum.

  • Terperinci

Target adalah orang-orang dengan latar belakang dan karakter yang sangat terperinci.

  • Koneksi

Target adalah orang yang memiliki koneksi khusus dengan Anda dan memiliki minat pada produk Anda.

8. Pilih Penempatan.

Anda memiliki 2 pilihan penempatan.

  • Penempatan Otomatis agar iklan tampil di Facebook, Instagram, dan semua aplikasi yang berafiliasi dengan Facebook.
  • Edit Penempatan untuk membuat iklan tampil di tempat yang ingin Anda tampilkan.

9. Tentukan Jadwal

Silakan pilih durasi iklan yang akan Anda tampilkan.

10. Hubungkan ke Instagram

Silakan hubungkan iklan ini dengan akun Instagram yang Anda pilih. Sangat dianjurkan untuk menggunakan akun Instagram yang Anda buat untuk keperluan bisnis.

11. Tentukan Format Iklan

Terdapat 5 format iklan yang harus Anda pilih. Ke-5 format iklan tersebut adalah karosel, gambar tunggal, video tunggal, tayangan slide, dan koleksi. Silakan pilih yang sesuai dengan visi Anda.

12. Menulis Deskripsi

Silakan buat deskripsi yang jelas dan menarik mengenai iklan yang akan Anda buat.

13. Memilih Gambar, Judul, dan URL

Anda bisa menyertakan gambar untuk melengkapi deskripsi iklan. Perhatikan format gambar (jangan sampai salah) dan tulis juga judul iklannya. Terakhir, sertakan URL (tautan) tujuan.

14. Lunasi Pembayaran

Langkah terakhir dari panduan cara pasang iklan di Instagram ini adalah melunasi pembayaran. Pembayaran bisa dilakukan melalui kartu debit maupun kredit. Setelah melunasi pembayaran, tunggu review dari FB, serta pemeriksaan syarat dan ketentuan. Jika berhasil, maka iklan sudah bisa ditampilkan.

Ternyata memasang iklan di Instagram tidak sulit. Malas dan ragu menjadi alasan kenapa banyak orang melewatkan kesempatan emas memanfaatkan salah satu media sosial terpopuler zaman ini. Tidak butuh waktu lama setelah Anda mengiklankan produk Anda di Instagram untuk bisa menarik perhatian banyak orang. Selain melalui Instagram, manfaatkan juga medsos lain untuk hasil yang lebih baik.

AboutDonna Nini Koten
Panduan Cara Membuat Iklan PPC untuk UKMPrevPanduan Cara Membuat Iklan PPC untuk UKMJuly 10, 2020
Cara Pasang Iklan di Google Ads (AdWords) untuk Pebisnis PemulaJuly 14, 2020Cara Pasang Iklan di Google Ads (AdWords) untuk Pebisnis PemulaNext

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terbaru
  • Cara Pasang Google Analytics untuk Website
    Cara Pasang Google Analytics untuk Website
    July 20, 2020
  • Cara Daftar Google Analytics
    Cara Daftar Google Analytics
    July 20, 2020
  • Belajar Analisa Google Analytics Untuk Pemula
    Belajar Analisa Google Analytics Untuk Pemula
    July 20, 2020
  • Jasa Mobile Application di Jakarta
    Jasa Mobile Application di Jakarta
    July 16, 2020
  • Jasa Pembuatan Aplikasi Mobile untuk UKM
    Jasa Pembuatan Aplikasi Mobile untuk UKM
    July 16, 2020
  • Cara Membuat Website untuk Pemula
    Cara Membuat Website untuk Pemula
    July 16, 2020
  • Contoh Influencer Marketing di Instagram
    Contoh Influencer Marketing di Instagram
    July 14, 2020
  • Strategi Influencer Marketing Untuk UKM
    Strategi Influencer Marketing Untuk UKM
    July 14, 2020
  • Definisi, Jenis, dan Kelebihan Influencer Marketing
    Definisi, Jenis, dan Kelebihan Influencer Marketing
    July 14, 2020
  • Cara Pasang Iklan di Google Ads (AdWords) untuk Pebisnis Pemula
    Cara Pasang Iklan di Google Ads (AdWords) untuk Pebisnis Pemula
    July 14, 2020
Kategori
  • Digital Advertising
  • Digital Marketing
  • Influencer Marketing
  • Search Engine Optimization
  • Website Analytics
  • Website Development