8 Contoh SEO Audit untuk Usaha Kecil dan Bisnis Pemula

8 Contoh SEO Audit untuk Usaha Kecil dan Bisnis Pemula

8 Contoh SEO Audit untuk Usaha Kecil dan Bisnis Pemula

[vc_row][vc_column][vc_column_text]Sudah melakukan kampanye SEO dan mencoba beragam metode tetapi hasilnya mengecewakan. Pengalaman tersebut adalah hal yang lumrah. Jika Anda mengalaminya, mungkin ada yang salah dengan kampanye SEO yang dilakukan. Hal tersebut juga berlaku jika Anda terjebak di urutan medioker mesin pencari Google dan sama sekali tidak bisa melesat ke urutan teratas mesin pencari.

Untuk mengatasi masalah tersebut, pemeriksaan atau audit SEO perlu Anda lakukan. Audit SEO bisa dilakukan jika Anda persis mengetahui apa yang salah. Audit juga bisa dilakukan secara rutin dengan tujuan deteksi dini dan pembaharuan. Jika Anda tidak tahu apa saja yang perlu diaudit, jangan khawatir. Artikel ini membahas contoh SEO audit untuk usaha kecil yang perlu Anda lakukan.[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][wgl_double_headings title_color=”#252525″ subtitle_color=”#5ac4b0″ title=”Daftar Audit SEO yang Wajib Anda Lakukan”][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]Ada 8 hal yang wajib Anda audit agar kampanye SEO Anda memberikan hasil yang diinginkan.[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]

1. Memastikan Keamanan Website

Terlalu fokus pada konten dan performa bisa membuat Anda lupa pada keamanan website. Sebaik apapun kontennya, semua akan sia-sia jika website Anda berhasil dihack dan data berhasil dicuri. Google saat ini lebih memprioritaskan website dengan enkripsi HTTPS. Jika website Anda belum menggunakan HTTPS, segera gunakan untuk mengamankan sekaligus meningkatkan kredibilitas website di mata Google.[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]

2. Pastikan Website Terindeks Google

Karena satu dan lain hal halaman website Anda bisa terblok dan tidak terindeks oleh Google. Akibatnya progress SEO Anda tersendat dan sulit berkembang. Untuk mengatasi masalah ini periksa status indeks melalui Google Search Console, periksa masalah pada URL, dan periksa juga file robot.txt. Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan adalah pencarian google untuk alamat website Anda.[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]

3. Periksa Kecepatan Website

Google dan pengunjung website Anda lebih menyukai website dengan waktu loading yang singkat. Website yang lambat cenderung ditinggalkan meskipun memiliki konten yang berkualitas. Optimalkan kecepatan untuk membuat Google dan pengunjung terkesan. Untuk melakukannya, Anda bisa menggunakan alat pengecek kecepatan, percepat Javascript, dan gunakan plugin yang mempercepat website.[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]

4. Periksa Jaringan Link

Jaringan link yang baik, baik eksternal maupun internal akan memberikan dampak yang positif untuk. Backlink yang dibangun dengan baik kadangkala memiliki keterbatasan waktu dan kondisi. Bukan tidak mungkin website yang terhubungan dengan website Anda sudah mati atau tidak lagi memiliki kredibilitas. Periksa jaringan link, lakukan update, dan buka peluang untuk membangun jaringan yang lebih fresh.

Link yang rusak atau broken link akan memberikan dampak yang buruk. Hidupkan kembali atau bangun kembali yang baru. Struktur link yang baik dan terhubung dengan rapi akan memberikan dampak positif pada ranking mesin pencari. Sangat dilanjutkan untuk menggunakan anchor text yang deskriptif. Buatlah link yang mengandung kata kunci yang sama dengan konten di dalamnya (link).[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]

5. Buang Halaman Tidak Berkualitas

Contoh SEO audit untuk usaha kecil kelima adalah buang halaman dengan konten yang tidak berkualitas. Efektivitas itu sangat diperlukan. Google mengindeks semua aspek termasuk halaman dengan nilai yang rendah. Halaman ini akan merusak halaman dengan konten yang kaya bernilai tinggi. Hati-hati dan periksa setiap halaman yang seperti portal atau berisi konten duplikat.[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]

6. Periksa Meta Data

Pengindeksan yang dilakukan Google tidak jarang terblok gara-gara non-indeks meta tag masuk. Untuk memeriksa hal ini terjadi pada Anda, periksa source code. Pastikan tidak ada kode robot dan noindex. Anda juga bisa menggunakan alat pengujian meta data semacam Screaming Frog. Alat tersebut bisa melakukan pemindaian dan pengujian status meta data website Anda.[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]

7. Amati dan Analisis Kompetitor Anda

Contoh SEO audit untuk usaha kecil selanjutnya adalah amati dan analisis kompetitor Anda. Dengan melakukan hal ini siapa tahu Anda bisa mengambil inspirasi dari kesuksesan mereka dan menghindari kegagalan mereka. Temukan kata kunci terbaik kompetitor lihat struktur konten kompetitor, dan perhatikan link dari konten tersebut. Dari sini, Anda bisa mengambil inspirasi apa yang harus dilakukan kemudian.[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]

8. Optimalkan untuk Perangkat Mobile

Bukan rahasia lagi jika Google lebih memprioritaskan website yang sudah dioptimalkan untuk perangkat mobile. Hal ini mengindikasikan, sebuah website yang sudah dioptimalkan untuk perangkat mobile akan lebih mudah berada di urutan teratas mesin pencari. Jika Anda belum mengoptimalkan website untuk perangkat mobile, maka lakukan sesegera mungkin. Dampak pengoptimalan ini cukup drastis.

Semakin banyak orang menggunakan smartphone. Hal tersebut sejalan dengan kecenderungan orang memilih browsing dan melakukan hal lain melalui perangkat mobile. Untuk membuat website tampil optimal di perangkat mobile, Anda harus memilih desain yang responsif (terutama terkait ukuran layar). Jangan lupa lakukan pengujian dengan Google Search Console dan Google Mobile Test Tool.[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]Audit menyeluruh bisa Anda lakukan dengan menggunakan jasa audit SEO profesional. Dengan menggunakan jasa tersebut, semua error akan terdeteksi dengan mudah dan cepat. Evaluasi dan koreksi akan lebih mudah dilakukan. Jika tidak, maka lakukan saja audit terhadap 10 hal yang telah dijelaskan untuk membuat website selalu tampil maksimal dan kampanye SEO Anda selalu on the track.[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

Posted in Search Engine Optimization
Previous
All posts
Next

Write a comment