Cara Kerja Search Engine Mesin Pencari Google

  • November 20, 2014
  • SEO

Matt Cutts adalah seorang Insinyur yang bekerja di grup mesin pencari berkualitas. Ia bergabung dengan Google pada tahun 2000 silam. Saat ini dia sebagai kepala tim di Webspam Google. Sebelum berkarir di Google, Matt bekerja pada desain grafis computer di University of North Carolina di Chapel Hill. Layaknya tenaga ahli professional, orang ini tidak sungkan untuk mengungkap rahasia terbesar di dalam pekerjaannya.

Mesin pencari atau search engine merupakan sebuah portal website yang menyediakan informasi data-data dan dirancang untuk mempermudah, membantu, mempercepat seseorang menemukan informasi yang diinginkan. Search engine semacam “jembatan” atau “penunjuk jalan” dalam mencari sesuatu yang dibutuhkan. Mesin ini akan bekerja dengan sangat cepat jika seseorang sudah mengetikkan sebuah kata kunci di kolom pencarian.

Cara Kerja Search Engine Mesin Pencari Google

image source: http://sandydk.blogspot.com

Umumnya mesin pencari ini tidak hanya bisa ditemukan di dunia internet. Kita bisa menemukannya di dunia komputer lain seperti software, operasi sistem, dan masih banyak lagi. Sebagai contoh: seseorang yang ingin cepat menemukan data di harddisk komputernya. Maka cara yang digunakan yaitu dengan mengetikkan kata kunci data tersebut di kolom pencarian operasi sistem. Di dunia digital marketing mesin pencari paling populer saat ini yaitu Google.

Cara Kerja Search Engine Google

  1. Pada saat menggunakan penelusuran Google, kita hanya menelusuri indeks web milik Google dan tidak benar-benar menelusuri sebuah web tujuan. Google memulainya dengan perangkat lunak yang dengan istilah mereka adalah “Spiders”.
  2. Spiders mulai bekerja dengan mengambil beberapa laman web. Lalu mengikuti laman tersebut dan mengambil laman yang dituju. Kemudian mengikuti semua tautan pada laman tersebut dan mengambil laman yang tertaut dan begitu seterusnya. Hingga mengindeks potongan web yang tersimpan pada ribuan komputer. Perangkat akan bekerja dengan sangat cepat.
  3. Dalam penelusurannya, Google menentukan dokumen yang benar-benar diinginkan. Dengan bertanya lebih dari ratusan pertanyaan. Misalnya, berapa kali dokumen ini berisi kata kunci Anda? Apakah kata tersebut muncul dalam judul, URL, yang berdekatan secara langsung? Apakah laman berisi sinonim kata? Apakah laman ini dari situs web yang atau berkualitas rendah, bahkan mengirim spam? Bagaiman pagerank laman tersebut? Dan seberapa penting laman tersebut?
  4. Akhirnya, perangkat menggabungkan beberapa hasil pertanyaan untuk dijadikan satu rekapan skor dari keseluruhan tiap laman.
  5. Setelah kesimpulan diperoleh, akan mengirimkan hasil penelusuran kembali pada kita setengah detik setelah mengirim penelusuran.

Google mempunyai komitmen dalam pelayanannya dan tidak pernah memihak dengan serius pada situs web tertentu untuk membantunya ke indeks, memperbaruinya lebih sering, atau meningkatkan peringkatnya. Mereka juga mengelola iklan dengan sangat sistematis. Tak jarang situs web sering di blok karena dinilai tidak berkualitas dan merugikan pihak lain. Dalam kasus ini kecepatan lari tertinggi perangkat cheetah Google adalah 60 mil per jam.

Salah satu co-Founder dari Optify Indonesia, yang mendedikasikan pekerjaannya di dunia digital marketing. Expertise dalam bidang website analytics. Google Analytics merupakan sarapannya setiap pagi! Ingin turut serta berperan memajukan pasar online marketing di Indonesia.

 
 

Leave a Comment