Tips Melakukan Promosi Bisnis Online & Kenali Tipe-Tipenya

Promosi bisnis kian marak ditemukan di internet. Karena dinilai lebih menguntungkan dan memerlukan waktu yang sedikit. Cara promosi yang dilakukan terus mengalami peningkatan dan semakin populer. Sesuatu yang dipromosikan sangat beragam, ada berupa barang dan tidak sedikit juga berupa jasa. Ketika Anda sudah mempunyai produk maka kegiatan selanjutnya adalah mengenalkan produk tersebut ke orang lain. Dengan tujuan agar barang/jasa Anda bisa dibeli dan laku di pasar.

Istilah promosi sudah ada sejak zaman dulu kala bahkan kita tidak tahu kapan ia diketahui oleh manusia. Seiring waktu, caranya semakin berubah, dari promosi secara offline sampai promosi online seperti sekarang ini. Terkhusus untuk promosi online, cara ini semakin akrab ditelinga kita. Dengan demikian, terdapat berbagai tipe untuk melakukan promosi online diantaranya:

Tips Melakukan Promosi Bisnis Online & Kenali Tipe-Tipenya

image source: http://virtualworkteam.com

1. Promosi dengan sistem Affiliasi

Yaitu dengan memberikan komisi bagi seseorang yang bisa menjualkan sebuah produk Anda. Komisi akan diberikan tergantung dari pemilik produk yang dihitung dari hasil penjualan perproduk.

2. Email Marketing

Promosi yang satu ini membutuhkan bantuan kolom subscriber di website Anda. Email yang digunakan adalah milik pengunjung yang sudah mendaftar untuk berlangganan artikel tertentu. Dalam hal ini, Anda wajib memberikan informasi kepada mereka bahwa email yang terdaftar bisa digunakan sebagai sarana promosi.

3. PPC (Pay Per Click)

Laman ini khusus disediakan oleh Google Adwords untuk mempermudah seseorang dalam mengenalkan bisnisnya ke orang lain. Sesuai dengan namanya, Anda harus membayar disaat pengunjung mengklik link iklan yang dipromosikan. Ada hal yang perlu diperhatikan pada tipe ini, yaitu: Anda harus bisa membidik keyword yang akan digunakan supaya search engine bisa dengan mudah menemukan iklan Anda. Dewasa ini Google AdWord masih menjadi media pemasangan iklan yang dipercaya.

4. Sosial Media

Dengan bantuan social media marketing Anda bisa dengan leluasa mempromosikan produk ke banyak orang. Cara ini dinilai lebih mudah karena tidak memerlukan sebuah website untuk memberikan informasi produk ke audiens. Jika Anda mempunyai populeritas yang baik di Facebook, maka akan membuka jalan bagus untuk segera memulai bisnis. Selain Facebook, masih banyak media social yang bisa Anda gunakan, seperti: twitter, instagram, dll.

5. Promosi dengan menggunakan SEO

Tipe ini cenderung menunggu waktu yang relatif lama, karena harus sabar menunggu search engine menemukan website Anda. Namun selalu ada solusi untuk menyelesaikan masalah, Anda bisa menggunakan jasa SEO untuk mengoptimisasikan website yang dikelola.

Baca Juga: Pahami 9 Trik Jitu Melakukan Optimasi Google Adwords

Salah satu dari tipe diatas bisa dipergunakan untuk keperluan sebuah bisnis Anda. Tentu akan terdapat kelebihan dan kekurangan dari berbagai macam tipe tersebut. Silahkan Anda pilih Optify yang nantinya dipergunakan untuk kemajuan bisnis Anda. Sehingga bisa mendapat efisiensi biaya dan memperoleh keuntungan yang optimal. Jadi, segera kelola bisnis Anda sebaik mungkin.

Salah satu co-Founder dari Optify Indonesia, yang mendedikasikan pekerjaannya di dunia digital marketing. Expertise dalam bidang website analytics. Google Analytics merupakan sarapannya setiap pagi! Ingin turut serta berperan memajukan pasar online marketing di Indonesia.

 
No Comments
 

Leave a Comment