Menjalankan Bisnis Online, Pilih SEO Atau PPC?

Pernahkah terbayang untuk memperlakukan bisnis Anda harus Go Online? Jika jawabannya ya, maka Anda harus bisa membandingkan kedua istilah ini SEO dan PPC. Tidak jarang kita temukan seorang pebisnis professional tidak tahu hal paling mendasar sebagai cara untuk mempromosikan bisnisnya. Hal ini dikarenakan, sebagian mereka hanya menumpuh jalan pintas dan menginkan sebuah hasil tanpa mengikuti beberapa rangkain proses.

Membuat bisnis Anda Go Online setidaknya melewati beberapa tahapan prosedur. Sebagai tambahan nilai tersendiri bagi perjalanan usaha Anda. Memang tidak ada salahnya menempuh sebuah jalan diluar pikiran orang lain. Karena itu adalah pilihan hidup bagi masing-masing orang selama itu masih dalam langkah yang baik. Yang menerima hasil dan resikonya kan kita sendiri.

Menjalankan Bisnis Online, Pilih SEO Atau PPC

image source: http://onlinebusiness-masters.blogspot.com

SEO dan PPC mempunyai perbedaan mendasar diantara keduanya. Terdapat kelebihan dan kekurangan dalam teknik penerapannya. Sebagian orang lebih memilih jasa SEO karena dinilai lebih banyak memberi dampak positif. Dan tidak kalah juga dengan pemilihan terhadap PPC yang dinilai mempunyai kelebihan tersendiri. Kita akan membahas perbedaan di antara kedua sistem ini untuk mempermudah Anda dalam mengambil kesimpulan yang harus dipilih.

Berikut perbedaannya:

1. Segi biaya

SEO: Langkah ini hampir tidak membutuhkan biaya alias free untuk mendatangkan pengunjung ke website Anda. Kecuali menggunakan jasa orang lain untuk mengoptimisasi pada keyword yang ingin dibidik.

PPC: Sesuai dengan singkatannya “Pay Per Click”, langkah ini sangat bergantung dengan budget yang tersedia. Semakin banyak budget yang Anda tanam maka semakin lama iklan terpempang di sebuah laman. Budget akan semakin menipis seiring banyaknya pengunjung mengklik iklan yang Anda pasang.

2. Segi waktu

SEO: cenderung memerlukan waktu yang relatif lama untuk mendapatkan pengunjung yang banyak. Harus menunggu mesin pencari bisa menemukan website Anda. Hal ini tentunya bisa diminimalisir dengan pemberian keyword yang benar-benar hangat di mesin pencari.

PPC: untuk membuat sebuah iklan yang memerlukan banyak pengunjung, jasa PPC adalah pilihan yang bagus. Dinilai lebih cepat mendapatkan pengunjung untuk menemukan iklan Anda.

3. Segi peminat

SEO: dilihat dari minat pengunjung, sampai saat ini SEO masih menempati urutan teratas. Kepercayaan pengguna internet cenderung tinggi dengan cara ini.

PPC: langkah ini sering kali dianggap berbau negatif bagi pengguna internet yang masih awam. Anda perlu cerdik menilik target pengunjung yang diinginkan.

Untuk memilih diantara keduanya dibutuhkan ketelitian yang lebih akurat. Penempatan keyword yang benar masih sangat dibutuhkan yang akan membantu website Anda mudah ditemukan. Komitmen yang baik dalam mengelola bisnis ketika harus Go Online bersama Optify jangan sampai terkikis. Kepercayaan pengunjung adalah sebuah nilai yang tidak bisa terbayarkan. Jadi, untuk memilih langkah mana yang paling baik masih bergantung kepada Anda.

Salah satu co-Founder dari Optify Indonesia, yang mendedikasikan pekerjaannya di dunia digital marketing. Expertise dalam bidang website analytics. Google Analytics merupakan sarapannya setiap pagi! Ingin turut serta berperan memajukan pasar online marketing di Indonesia.

 
 

Leave a Comment